5 menit renungan

5 menit renungan

Senin, 16 Agustus 2010

KEMERDEKAAN SESUNGGUHNYA

Supaya kita sungguh-sungguh merdeka, Kristus telah memerdekakan kita. Karena itu berdirilah teguh dan jangan mau lagi dikenakan kuk perhambaan. Gal. 5:1.


Sejarah singkat:

Sebelumnya bangsa Indonesia sempat dijajah dan diperbudak oleh Portugis (1509 - 1602), VOC (1602 - 1800), Belanda (1800 - 19420) dan Jepang (1942 - 1945). Dan bermula dari tanggal 6 Agustus dan 9 Agustus 1945, ketika bom atom dijatuhkan di atas kota Hiroshima dan Nagasaki oleh tentara Amerika Serikat yang mulai menurunkan moral semangat tentara Jepang di seluruh dunia. Momen ini pun dimanfaatkan oleh Indonesia untuk memproklamasikan kemerdekaannya.

Tanggal 7 Agustus 1945, BPUPKI berganti nama menjadi PPKI (Panitia Persiapan Kemerdekaan Indonesia), yang menegaskan keinginan dan tujuan mencapai kemerdekaan Indonesia.

Tanggal 9 Agustus 1945, Soekarno, Hatta dan Radjiman Wedyodiningrat diterbangkan ke Dalat, 250 km di sebalah timur laut Saigon, Vietnam untuk bertemu Marsekal Terauchi. Mereka dikabarkan bahwa pasukan Jepang sedang di ambang kekalahan dan akan memberikan kemerdekaan kepada indonesia.

Tanggal 10 Agustus 1945, Sutan Syahrir mendengar berita lewat radio bahwa Jepang telah menyerah kepada Sekutu. Para pejuang bawah tanah bersiap-siap memproklamasikan kemerdekaan RI dan menolak bentuk kemerdekaan yang diberikan sebagai hadiah Jepang.

Tanggal 15 Agustus 1945, Jepang menyerah kepada Sekutu. Tentara dan Angkatan Laut Jepang masih berkuasa di Indonesia, karena Jepang telah berjanji mengembalikan kekuasaan di Indonesia ke tangan Belanda.

Tanggal 16 Agustus 1945, gejolak tekanan yang menghendaki pengambilalihan kekuasaan oleh Indonesia makin memuncak dilancarkan para pengikut Syahrir. Rapat PPKI jam 10 pagi tidak dilaksanakan karena Soekarno dan Hatta tidak muncul. Peserta rapat tidak tahu telah terjadi peristiwa Rengasdengklok. Para pemuda pejuang, termasuk Chaerul Saleh, yang tergabung dalam gerakan bawah tanah kehilangan kesabaran, dan pada dini hari tanggal itu, mereka menculik Soekarno dan Hatta, dan membawanya ke Rengasdengklok. Di sinilah, mereka kembali meyakinkan Soekarno bahwa Jepang telah menyerah dan para pejuang telah siap untuk melawan Jepang, apa pun resikonya.
Malam harinya, Soekarnno dan Hatta kembali ke Jakarta, bertemu dengan Jenderal Yamamoto, mereka menjadi yakin bahwa Jepang telah menyerah kepada Sekutu dan tidak memiliki wewenang lagi untuk memberikan kemerdekaan.

Tanggal 17 Agustus 1945, Proklamasi Kemerdekaan Indonesia, dibacakan oleh Ir. Soekarno yang didampingi oleh Drs. Mohammad Hatta di Jalan Pegangsaan Timur 56, Jakarta Pusat. INDONESIA MERDEKA!


THINGS TO LEARN:

Sebuah momen sangat penting dalam sejarah hidup manusia, lebih dari 2.000 tahun yang lalu, YESUS juga telah memproklamasikan kemerdekaan rohani untuk kita semua atas penjajahan dan perbudakan dosa. Pada saat Yesus berteriak di atas kayu salib, "Sudah Selesai." (Yoh. 19:30). Teriak ini menyatakan bahwa bukan hanya penderitaan Yesus yang berakhir, tetapi juga karya penebusan-Nya atas dosa umat manusia telah selesai. Kematian-Nya menunjukkan bahwa alam maut tidak berkuasa lagi atas Dia (Rm. 6:9). Artinya, kita yang dahulu diperhamba, diperbudak dan menjadi jajahan dosa, namun karena ada satu Pribadi, yaitu YESUS, yang membebaskan kita dan kita benar-benar dimerdekakan dari dosa dan menjadi hamba kebenaran (Rm. 6:18).

Dan ketika kita menerima YESUS sebagai Juruselamat, maka kita bebas dari penjajahan dosa. Kita orang yang merdeka! Itu sebabnya, hendaklah KITA hidup sebagai orang yang merdeka dan tidak menyalahgunakan kemerdekaan untuk berbuat dosa. KITA MERDEKA!


WISDOM WORDS:

johannes_djing: "Kemerdekaan sesungguhannya adalah kemerdekaan dari dosa yang menjajah hidup kita."
Joanie Yoder: "Kebenaran akan Yesus dan kasih-Nya yang kita kenal akan segera menyegarkan kembali, sekaligus memerdekakan Anda."


johannes_djing Ministry



Sumber:
http://id.wikipedia.org/wiki/Proklamasi_Kemerdekaan_Indonesia
http://fugato.net/wp-content/hiroshima-mushroom-cloud.jpg
http://i150.photobucket.com/albums/s81/waterbomm/welcome1706.jpg

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar