5 menit renungan

5 menit renungan

Rabu, 28 Juli 2010

MEMAAFKAN ORANG LAIN

Jikalau kamu mengampuni dosa orang, dosanya diampuni, dan jikalau kamu menyatakan dosa orang tetap ada, dosanya tetap ada. Yoh. 20:23.


Ernest Miller Hemingway (21/07/1899 - 2/07/1961) adalah seorang novelis, pengarang cerita pendek dan jurnalis Amerika.

Dalam salah satu cerita pendek, yang berjudul "The Capital of The World" (di dalam buku: "The Complete Short Stories of Ernest Hemingway") - secara singkat menceritakan kisah tentang seorang ayah yang tinggal di Spanyol bersama anaknya laki-laki yang masih remaja, yang bernama Paco, yang merupakan nama kecil dari Fransisco. Paco adalah nama yang populer di Spanyol.

Namun terjadi kesalahpahaman dan ketegangan dalam hubungan antara ayah dengan anaknya itu, yang membuat si anak remaja itu memberontak dan lari dari rumah.

Beberapa hari kemudian, sang ayah menyesal, lalu mulai mencari anaknya yang lari dari rumah. Perjalanan ke sana ke mari untuk mencari Paco, anaknya, tidak juga membuahkan hasil. Dan tercetuslah ide dari sang ayah, sebagai usahanya yang terakhir, untuk memasang iklan di surat kabar Madrid, El Liberal. Iklan singkatnya berbunyi: "PACO MEET ME AT HOTEL MONTANA NOON TUESDAY. ALL IS FORGIVEN. PAPA." ("Paco segera temui saya Selasa sore di Hotel Montana. Semuanya telah dimaafkan. PAPA.")

Hal yang luar biasa terjadi keesokan harinya, banyak yang merespon mendatangi Hotel Montana, ada 800 orang "Paco" yang semua ingin dimaafkan.


THINGS TO LEARN:

Nampaknya banyak "PACO-PACO" di seluruh dunia yang ingin dimaafkan. Tidak seorangpun dari kita dapat benar-benar bebas tanpa pengampunan. Kita membutuhkan pengampunan TUHAN, dan orang lain membutuhkan pengampunan kita. Kesanggupan kita untuk mengampuni merupakan ujian iman yang jelas. Salah satu cara melihat karunia Kristus bekerja dalam hidup kita adalah melalui pengampunan yang kita berikan kepada sesama, entah itu sanak saudara kita, rekan-rekan kita dan lain sebagainya. Ada dampak yang luar biasa dari sebuah pengampunan!

Ketika kita mengampuni seperti Bapa, kita adalah anak-anak-Nya. Pengampunan sejati diberikan oleh Tuhan Yesus, bahkan Yesus memberikan pengampunan tanpa batas kepada kita yang menanggung banyak dosa. Oleh pengampunan-Nya kita dibebaskan dari hukuman dosa. Yesus telah memberikan teladan yang sempurna dalam hal ini. Pengampunan membebaskan kita dan lawan kita dari segala dendam dan permusuhan. Bahkan Alkitab mengatakan "Jika kamu mengampuni kesalahan orang, Bapamu yang disorga akan mengampuni kamu juga. Tetapi jika kamu tidak mengampuni orang, Bapamu juga tidak akan mengampuni kesalahanmu." (Mat. 6:14-15). Mari kita mempraktekkan pengampunan dalam hidup kita. Mengampuni seperti Yesus, mengampuni orang yang bahkan menurut ukuran dunia tidak pantas diampuni.



WISDOM WORDS:

John C. Maxwell: "Dua tanda terbesar seorang Kristen adalah bahwa mereka memberi dan memaafkan. Tunjukkan kepada saya satu orang yang berjalan bersama Tuhan, dan saya akan menunjukkan kepada Anda satu orang yang memberikan hatinya dan memaafkan orang lain."
Macchiavelli: "Pengampunan dimulai dari jiwa yang murah hati."


johannes_djing Ministry


Sumber:
Wikipedia
Ernest Hemingway - The Complete Short Stories of Ernest Hemingway
http://mashedmusings.files.wordpress.com/2009/03/forgive1.jpg

2 komentar:

  1. TERIMA KASIH... TUHAN DATANG MENCARI YANG TERHILANG. PENGAMPUNAN TELAH DIANUGERAHKAN KEPADA KITA. UNTUK ITU SALING MENGAMPUNILAH KAMU SATU DENGAN YANG LAIN.

    BalasHapus