5 menit renungan

5 menit renungan

Senin, 21 Juni 2010

DOA ORANG BENAR DAN JUJUR

TUHAN itu jauh dari pada orang fasik, tetapi doa orang benar didengar-Nya. Ams. 15:29. Korban orang fasik adalah kekejian bagi TUHAN, tetapi doa orang jujur dikenan-Nya. Ams. 15:8.


George Muller (27/09/1805 - 10/03/1898) adalah seorang penginjil Kristen dan Direktur Panti Asuhan di Bristol, Inggris, yang selama hidupnya telah mengasuh sebanyak 10.024 anak yatim. Ia juga menyediakan pendidikan kepada anak-anak yang miskin dan mendirikan 117 sekolah pendidikan Kristen (sumber: Wikipedia).

Tatkala George Muller hampir meninggal dunia, teman dekatnya yang adalah seorang pendeta bertanya, "Di sepanjang hidupmu, permohonan apakah yang belum dikabulkan Tuhan?" Muller menjawab, "Saya ingat benar bahwa saya telah menggunakan waktu sebanyak 62 tahun, 3 bulan, 5 hari dan 2 jam untuk mendoakan 2 orang, tetapi belum melihat mereka bertobat."

Pendeta itu bertanya kembali, "Apakah Anda mengira Allah akan menyelamatkan ke 2 orang itu?" Dengan keyakinan penuh Muller menjawab, "Tentu!" Coba Anda pikirkan, mungkinkah Allah mengabaikan doa anaknya selama 60 tahun lebih?"

Tidak lama kemudian, George Muller pulang ke pangkuan Bapa. Di dalam satu kebaktian, pendeta teman dekat Muller tersebut menceritakan tentang percakapannya dengan Muller. Setelah kebaktian selesai, seorang ibu lalu datang memberitahukan bahwa kedua orang yang disebut-sebut oleh Muller, salah satu di antaranya adalah pamannya sendiri yang sekarang sudah menerima Tuhan. Sedangkan yang lainnya sekarang tinggal di Berlin dan juga sudah percaya kepada Tuhan.


THINGS TO LEARN:

Jangan putus asa, bila doa kita belum terjawab oleh Tuhan. Tetaplah berdoa dengan motivasi yang benar dan tulus jujur di hadapan-Nya, karena doa orang benar itu didengar TUHAN dan doa orang yang jujur dikenan TUHAN (Ams. 15:29 dan 15:8). Kita percaya bahwa Tuhan mempunyai cara dan waktu yang berbeda dalam menjawab doa-doa kita. Tidak semua jawaban doa kita itu dipenuhi Tuhan secepat yang kita harapkan, seperti contoh doa George Muller untuk pertobatan 2 temannya, dibutuhkan 60 tahun lebih.

TUHAN akan menjawab semua doa-doa kita, jika kita hidup dalam kebenaran. Tapi jawaban Tuhan itu tidak pernah tergesa-gesa, kita harus sabar dan belajar menunggu jawaban Tuhan. Nah, yang Tuhan inginkan pada kita, agar sabar menunggu dan biar waktu menunggu jawaban Tuhan itu tidak melemahkan iman kita (Rom. 8:26-27). Ingat: penundaan dari Tuhan bukan berarti Tuhan menolak kita, teruslah berdoa!


WISDOM WORDS:

Saren Kierkegaard: "Doa tidak mengubah Tuhan, melainkan mengubah orang yang berdoa."
John Bunyan: "Dalam doa, lebih baik memiliki hati tanpa kata-kata daripada kata-kata tanpa hati."


johannes_djing Ministry

Tidak ada komentar:

Posting Komentar